Info Terbaru
Kamis, 25 Jul 2024
  • Informasi Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyumas

MAN 3 BANYUMAS RAIH JUARA UMUM KE-3 ISLAMIC SCIENCE COMPETITION TINGKAT JAWA TENGAH TAHUN 2023

Diterbitkan : - Kategori : UMUM

Banyumas—MAN 3 Banyumas meraih juara umum ke-3 dalam ajang kompetisi Islamic Science Competition (ISC) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI). Kompetisi dilaksanakan di laboratorium komputer MAN 3 Banyumas pada Senin (12/6) pukul 08.30 s.d. 14.00 WIB secara online.

Kompetisi tersebut diikuti 25 siswa kelas X dan kelas XI. Mereka mengikuti kompetisi yang terbagi dalam 6 bidang lomba, yaitu mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi dan Geografi. Tujuan mengikuti kompetisi tersebut yakni untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa tentang bidang yang diperlombakan. Hasil kejuaraan tersebut diumumkan pada Rabu (14/6) dan MAN 3 Banyumas meraih 6 medali emas, 3 medali perak, dan 8 medali perunggu. Dengan demikian, MAN 3 Banyumas secara keseluruhan berhasil mendapatkan 17 medali. Perolehan medali tersebut berhasil mengantarkan MAN 3 Banyumas sebagai juara umum ke-3 dari 83 MA negeri dan swasta di Jawa Tengah yang ikut ambil bagian mengikuti kompetisi tersebut.

Kepala MAN 3 Banyumas, Drs. H. Solikhin M.Ag., menyampaikan, “Terima kasih dan apresiasi kepada para pembina ISC yang telah membimbing siswa sehingga mendapatkan juara. Kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai motivasi bagi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Kegiatan tersebut juga dapat menjadikan kebanggan bagi siswa. Sertifikat atau piagam penghargaan yang diperoleh siswa dapat menjadi bukti bahwa anak tersebut memiliki kemampuan dalam bidang perlombaan yang diikuti.” Lebih lanjut Solikhin menyampaikan harapan, “Semoga para siswa yang telah meraih medali dapat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan mendapatkan juara. Harapan untuk bapak/ibu guru pembimbing olimpiade, semoga dapat semakin meningkatkan kompetensi sehingga mampu membimbing dan mengarahkan siswa untuk lebih meningkatkan prestasinya,” pungkasnya.

Pembimbing kompetisi mata pelajaran Fisika, Siti Amaroh Jamhari, S.Pd., mengungkapkan “Dalam membimbing siswa sampai mendapatkan juara yakni memberikan arahan untuk mau belajar, berlatih dan mempelajari materi yang sudah diberikan. Hal tersebut bertujuan agar siswa dapat menjawab soal-soal yang diujikan.” Tak lupa Siti Amaroh menyampaikan harapannya, “Semoga siswa bimbingan saya dapat memperoleh prestasi dalam ajang perlombaan berikutnya,” pungkasnya.

Sementara, pembimbing kompetisi mata pelajaran Kimia, Asmiyah, S.Pd., mengungkapkan, “Siswa banyak berlatih dan memperhatikan arahan dari pembimbing sehingga bisa mengerjakan soal dengan baik dan memperoleh juara.”

Dengan hasil dalam ajang kompetisi tersebut, diharapkan siswa MAN 3 Banyumas dapat memperoleh prestasi pada ajang kompetisi berikutnya dan memperoleh juara pada Kompetisi Sanis Madrasah (KSM) yang akan datang.

Artikel ini memiliki

3 Komentar

Mas Likhin
Jumat, 16 Jun 2023

Alhamdulillah, MAN 3 Banyumas tidak kalah dengan MAN lain nya, Ayo Maju terus berprestasi, tunjukkan dirimu jadilah MAN 2 Banyumas DIGDAYA

Balas
Mas Likhin
Jumat, 16 Jun 2023

Maaf ralat MAN 2 yang benar MAN 3 BANYUMAS DIGDAYA

Balas
Jumat, 16 Jun 2023

Semangat terus MAN 3 Banyumas

Balas

Beri Komentar